Sunday, December 27, 2015

cara konversi angka ke huruf pada excel

Assalamualaikum Wr Wb..
Salam bagi kita semua, pada penerimaan raport kemaren semester ganjil kemaren muenggunakan Roport Gitital, yang artinya data harus diketik.
dari siswa terdapat banyak nilai, dan nilai raport tersebut diisikan dengan angka terbilang. jika cuman 1 siswa mungkin sudah di ketik manual angka terbilang yang ada di raport.
tetapi jika banyak siswa maka akan banyak kesusahan dan menyita waktu. dari itu saya googling, di coba coba, nemu deh tutorial yang pas buat Konversi angka ke terbilang atau merubah angka menjadi huruh. Mungkin ada kawan kawan yang ingin sekedar mencoba coba siapa tau nanti diperlukan.


Sebelumnya download dulu add-in disini >> Download Add-In

Untuk Microsoft Office Excel 2000/2003 :

  1. Buka Excel anda.
  2. Masuk ke Tools >> Macro >> Security
  3. Pilih Low kemudian OK
  4. Masuk ke Tools >> Add-ins >> Browse
  5. Arahkan ke file terbilang.xla yang sudah di download sebelumnya
  6. Aktifkan (centang) terbilang pada daftar add-in
  7. Klik OK dan siap digunakan

Untuk Microsoft Office Excel 2007/2010 :

  1. Buka Excel Anda
  2. Klik Office Button (tombol yang bulat di pojok kiri atas ) pilih Excel Options
  3. Pilih Trust Centre >> Trust Centre Settings >> Macro Settings
  4. Pada Macro settings pilih Enable All Macro kemudian klik OK
  5. Masuk ke Menu Add-Ins (Di atas True Center)
  6. Klik Go
  7. Browse dan arahkan ke file terbilang.xla yang sudah di download sebelumnya.
  8. Aktifkan (centang) terbilang pada daftar add-in
  9. Klik OK dan siap digunakan.


Cara penggunaannya :

coba lihat gambar baik baik

Pada cell C4 terdapat angka 4
Untuk menghasilkan terbilang di  cell  D5, ketik rumus
=terbilang(C4) akan menghasilkan kata Empat
=terbilang(D6)&” rupiah” akan menghasikan kata seratus rupiah
=proper(terbilang(D6)&” rupiah”) akan menghasilkan kata Seratus Rupiah
=upper(terbilangD6)&” rupiah”) akan menghasilkan kata SERATUS RUPIAH

Catatan :
Kata " persen" bisa diganti apa saja, misal "rupiah", "dollar", dsb.
Fungsi & digunakan untuk menggabungkan isi cell dengan formula atau dengan cell lain
Fungsi propper dilakukan untuk mengubah format kalimat menjadi huruf kapital tiap awal kata
Fungsi upper digunakan untuk mengubah format kalimat menjadi huruf kapital semua.

3 comments:
Write komentar

Terimakasih Atas Kunjungan Anda..
Kritik dan Saran Anda membantu blog ini lebih baik..