(CBIS)
Computer Base Information System
Ari Eko Wardoyo, S.Kom.
CBIS Sebagai Alat Bantu Pemecah Masalah
· Masalah
· Keputusan
· Pemecahan Masalah
o Informasi :
§ Sistem Informasi berbasis komputer (CBIS) :
· Sistem Informasi Akutansi
· Sistem Informasi Manajemen
· Sistem Pendukung Keputusan
· Sistem Otomatisasi Kantor
· Sistem Pakar Pendahuluan
Sistem Informasi Akuntansi
· Sistem Informasi Akuntansi (SIA) melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi ini ditandai dengan volume pengolahan data yang tinggi.
· Pengolahan data terdiri dari 4 tugas utama, yaitu:
o Pengumpulan data
o Menipulasi data
o Penyimpanan data, dan
o Penyiapan dokumen
· SIA merupakan keharusan bagi suatu perusahaan.
Pengolahan data
· Pengolahan data (Data processing - DP) adalah manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.
· Pengolahan transaksi (Transaction processing -TP), mengambarkan pengolahan data yang diterapkan pada data bisnis.
· Kita akan menggunakan istilah pengolahan data, karena lebih dikenal.
SIA - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
· Sistem Informasi Akuntansi merupakan suatu sistem yang bertugas mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi, serta menyediakan informasi bagi pemakai didalam maupun diluar perusahaan SIA - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
· SIA adalah satu-satunya CBIS yang bertanggungjawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan.
· SIA bertanggungjawab memenuhi kebutuhan informasi bagi tiap-tiap elemen lingkungan kecuali PESAING
Tugas SIA dalam mengolah data
1. Pengumpulan Data.
2. Manipulasi Data
3. Penyimpanan Data
4. Penyiapan Dokumen
Pengumpulan Data
· Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.
Manipulasi Data
· Data perlu dimanipulasi untuk mengubahnya menjadi informasi. Manipulasi data meliputi :
1. Pengklarifikasian > Elemen-elemen data tertentu dalam catatan digunakan sebagai kode
2. Penyortiran > Catatan-catatan disusun sesuai urutan tertentu berdasarkan kode atau elemen data lain
3. Perhitungan > Operasi aritmatika dan logika dilaksanakan pada elemen-elemen data untuk menghasilkan elemenelemen data tambahan
4. Pengikhtisaran > Terdapat begitu banyak data yg perlu disintesiskan/disarikan menjadi bentuk total, subtotal, rata-rata, dst.
Penyimpanan Data
· Setiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data, dan data ini harus disimpan di suatu tempat sampai diperlukan.
· SIA menghasilkan output untuk perorangan dan organisasi baik di dalam dan di luar perusahaan.
· Output dipicu oleh 2 cara:
o Oleh suatu tindakan, Output dihasilkan jika sesuatu terjadi.
o Oleh jadwal waktu. Output dihasilkan pada suatu saat tertentu.
Karakteristik SIA
Ada beberapa karakteristik pengolahan data yang jelas membedakan SIA dari subsistem CBIS lain :
1. Melaksanakan tugas yang diperlukan
2. Berpegang pada prosedur yang relatif Standard
3. Menangani data yang rinci
4. Terutama berfokus historis
5. Menyediakan informasi pemecah masalah yang minimal
Model SIA
Contoh kasus SIA
· SISTEM DISTRIBUSI
o Perusahaan yang mendistribusikan produk atau jasanya kepada pelanggan
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
· Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu sistem berbasiskan komputer yang menyediakan informasi bagi berbagai pemakai dengan berbagai kebutuhan yang serupa
Model SIM
Subsistem-subsistem SIM yang erat kaitannya dengan subunit- subunit utama organisasi, adalah :
1. Sistem Informasi yang dirancang untuk digunakan oleh para eksekutif
2. Sistem Informasi untuk berbagai area fungsional, di antaranya :
a. Pemasaran
b. Manufaktur
c. Keuangan
d. Sumber Daya Manusia (SDM)
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DSS)
Tujuan DSS :
1. Membantu manajer membuat Keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur
2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
3. Meningkatkan efektivitas pengambilan Keputusan manajer.
Model DSS
GDSS Group Decission Support System (GDSS)
· GDSS adalah “suatu sistem berbasiskan komputer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam suatu tugas (atau tujuan) bersama dan yang menyediakan interface bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama.
OTOMATISASI KANTOR (OA)
· Otomatisasi Kantor adalah semua sistem elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
Pengguna Otomatisasi Kantor
1. Manajer
Orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama SDM.
2. Profesional
Orang yang menyumbangkan keahlian khusus.
a. Pembeli
b. Wiraniaga
c. Asisten staf khusus(ahli statistik, peneliti pemasaran, dll)
3. Sekretaris
Orang yang melaksanakan berbagai tugas seperti menagani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Pegawai Administratif (clerical employees)
Orang yang melaksanakan tugas-tugas sekretaris (Mengirim surat, menjalankan mesin foto copy, menyusun dan menyimpan dokumen)
Model OA
Aplikasi OA
1. Word Processing (Pengolah Kata)
2. e-Mail
3. Voice Mail
4. Electronic Calendaring
5. Video Conference
6. Audio Conference
7. Computer Conference
8. Facsimiles
9. Video Text
10. Imaging
11. Desktop Publishing
SISTEM PAKAR (ES)
· Dasar pembuatan sistem pakar adalah AI (Artificial Intellegence).
o AI adalah kegiatan menyediakan mesin misalkan komputer dengan kemampuan untuk menampilkan prilaku yang dianggap cerdas jika diamati berdasarkan prilaku manusia.
4 Bagian ES
1. User Interface
Memungkinkan manajer untuk memasukkan instruksi dan informasi kedalam sistem pakar dan menerima informasi dari sistem pakar.
2. Knowled Base
Fakta-fakta yang menjelaskan area masalah, dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta-fakta tersebut cocok satu dengan yang lain dalam urutan yang logis.
3. Interference Engine
Proses penalaran yang dilakukan oleh sistem pakar
4. Devlopment Engine
Komponen utama pembuat sistem pakar
Model ES
No comments:
Write komentarTerimakasih Atas Kunjungan Anda..
Kritik dan Saran Anda membantu blog ini lebih baik..